BATU BESAR

on 08 Maret 2009

Suatu hari seorang dosen sedang memberi kuliah tentang manajemen waktu kepada para mahasiswa.Dengan penuh semangat ia berdiri didepan kelas dan berkata, " baik, sekarang waktunya untuk kuis." Kemudian dia mengeluarkan sebuah ember kosong dan meletakkannya di meja.Ia mengisi ember itu dengan sebuah batu besar.Ia mengisi terus sampai ember itu penuh dengan batu .Kemudian ia bertanya " menurut kalian apakah ember ini sudah penuh?". Semua mahasiswa serentak menjawab, "ya!".

Ia bertanya lagi, "sungguhkan demikian?".kemudian dari dalam meja dia mengeluarkan kerikil dan menuangkannya kedalam ember dan mengisi diantara celah-celah kosong. Nah sekarang apakah ember ini sudah penuh. Kali ini para mahasiswa menjawab " mungkin tidak". " bagus sekali kata Dosen.Kemudian ia mengisinya dengan pasir.pasir itu berjatuhan mengisi celah yang kosong, sekarang apakah ember ini sudah penuh? belum! sahut para mahasiswa. kemudian dosen itu mengambil air dan menuangkannya ke dalam ember sampai benar-benar penuh.
Setelah itu dosen itu berkata " apakah kalian tahu maksud ilustrasi ini?". semua terdiam.
Dosen berkata" Apa yang dimaksud dengan " BATU BESAR" dalam hidup anda adalah anak-anak anda, pasangan anda, pendidikan anda, hal-hal yang penting dalam hidup anda.Mengajarkan sesuatu pada orang lain, melakukan pekerjaan yang anda cintai, waktu untuk diri sendiri, kesehatan anda, teman anda, atau semua yang yang berharga. Ingatlah untuk selalu memasukkan "BATU BESAR " pertama kali atau anda akan kehilangan semuanya. Bila anda mengisinya dengan hal-hal yang kecil ( semacam kerikil atau pasir ) maka hidup anda akan penuh dengan hal-hal yang kecil yang merisaukan dan semestinya tidak perlu. Dengan demikian anda tidak akan pernah memiliki waktu yang sesungguhnya anda perlukan untuk hal-hal yang besar. Oleh karena itu setiap saat tanyakanlah pada diri anda apakah BATU BESAR dalam hidup anda, lalu kerjakan itu yang pertama.

dan ingat :

1. Pakai waktu untuk bekerja : itulah harga dari keberhasilan

2. Pakai waktu untuk berfikir itulah sumber kekuatan

3. Pakai waktu untuk membaca itulah dasar kebijaksanaan

4. Pakai waktu untuk mengasihi itulah puncak kesukacitaan hidup

5. Pakai waktu untuk tertawa itulah musik bagi jiwamu

0 komentar:

Posting Komentar