Peran Perawat di Dunia Kesehatan

on 05 Maret 2009

Salam kenal bagi semua rekan-rekan perawat di seluruh Indonesia, mencoba memberikan sedikit pemikiran tentang perawat yang saya rasakan dalam peran sertanya untuk membantu masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang optimal.

Semakin lama perkembangan kesehatan di dunia semakin maju terutama alat-alat kesehatan yang semakin canggih, demikian pula kemampuan tenaga-tenaga kesehatan yang ada didalamnya yang di upgrade sesuai tuntutan jaman. Yang terbaru sekarang ini adanya kompentensi dalam suatu bidang ilmu yang menurut saya ini adalah menarik dimana seorang perawat mempunyai suatu kemampuan khusus yang dikuatkan dengan adanya sertifikat kompetensi, sehingga seorang perawat mampu melakukan tindakan-tindakan khusus yang belum tentu orang lain dapat melakukannya.
Sebagai contoh kompentensi seorang perawat dalam bidang kegawatdaruratan, anestesi, perinatologi, ICU , Bedah. hal ini membutuhkan suatu ketrampilan khusus dan seorang perawat harus mendapatkan pendidikan yang khusus pula.
Beda sebelum hal ini belum mendapatkan perhatian, seorang perawat dalam suatu Rumah Sakit akan dipindah-pindah dan hal ini menimbulkan suatu kecenderungan dia tidak akan bangga dengan apa yang miliki, karena dia merasakan hal yang sama dengan yang lain.
Memang ada yang befikir lebih baik ada rotasi, tapi ingat harus dipikirkan juga bagaimana dia harus menyesuaikan dengan pekerjaan barunya, harus bersosialisasi lagi, akibatnya hal itu bisa menimbulkan stress pada dirinya, dan akan berdampak dalam pelayanan kepada pasien.
Kedepan saya berharap dengan adanya kompetensi ini akan juga mendapatkan perhatian dari semua pihak yang terkait dalam kesejahteraan perawat, apalagi sekarang Indonesia lebih banyak melakukan kerjasama dalam pengiriman perawat ke luar negeri yang terbaru adalah Jepang.Menurut saya kenapa harus dikirim ke luar negeri jika kita bisa lebih baik di negeri sendiri. Ujung-ujungnya adalah penghasilan, dimana di dunia luar apa yang didapatkan lebih baik daripda disini.
Bagi teman-teman semua, terutama yang berkecimpung dalam organisasi profesi ini mau memperjuangkan nasib kita semua, agar kita bisa di hargai dan mampu bersaing dengan tenaga medis lain sehingga tercipta suatu kerjasama yang harmonis, bukan sebagai perawat yang hanya mampu menjalankan intruksi tanpa berfikir seperti robot.
Contact person : 98321248

1 komentar:

Heru mengatakan...

menarik untuk di bahas lebih lanjut

Posting Komentar